Tuesday , December 12 2017
Home / Cakrawala / Gelar di Sulut, 13 Negara Hadir Workshop Internasional Coconut Development

Gelar di Sulut, 13 Negara Hadir Workshop Internasional Coconut Development

NAM CSSTC, Kemenlu, Balitpalma Kementan Dukung Penuh Kerjasama Pengembangan Sektor Kelapa di Negara-Negara Berkembang

Direktur NAM CSSTC dan juga adalah staf ahli Menteri Luar Neger ibu Prianti Gagarin Djatmiko – Singgih (Tengah, baju orange) bersama Kemenlu RI dan Kementan RI serta Perwakilan 13 Negara yang kerjasama di bidang pengembangan sektor Kelapa. (Hotel Swiss-bel Maleosan Manado) selasa, 14/11/2017, Pukul 19.00 Wita Malam hari.

Harian Sulut – Pusat Non-Aligned Movement Kerjasama Teknik Selatan-Selatan (NAM CSSTC), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI) dan Badan Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) RI serta Balai Risert Tanaman Palma Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Workshop Internasional dengan tema “Innovation and Collaboration to Sustain Coconut Sector” di ruang tondano Swiss-bel Hotel Maleosan Manado, Sulut, selama empat hari dari tanggal 14-17 november 2017.

Workshop dihadiri perwakilan dari 13 negara berkembang seperti Bangladesh, Fiji, Kiribati, Kamboja, Myanmar, Nauru, Papua Nugini, Sri Lanka, Solomon Islands, Timor Leste, Tonga, Samoa dan Indonesia. Para peserta lokakarya terdiri dari akademisi dan periset/peneliti terutama di bidang penanian kelapa dan produk-produk kelapa dan turunannya, kelompok tani, pemerhati pertanian kelapa serta pelaku industri perkebunan kelapa dan sektor swasta di bidang produk-produk kelapa.

Lokakarya diselenggarakan dalam format diskusi panel dengan berbagai presentasi ilmiah beberapa Lembaga Riset (Badan Litbang Kementrian RI, Puslitbang Palma Provinsi, Pusai Riset dan Pengembangan Perkebunan Kelapa), pelaku industri kelapa dan sektor swasta yang menekuni komoditas kelapa sebagai produk komersial baik untuk komsumsi, nutrisi dan kesehatan/kecantikan serta berbagi pengalaman kerjasama teknis mengenai perkebunan kelapa berkelanjutan dan manajemen perkebunan kelapa yang efektif untuk meningkatkan basil produksi kelapa.

Lokakarya juga membahas berbagai kendala dan keterbatasan pengelolaan perkebunan kelapa, penanggulangan hama kelapa, optimalisasi produksi kelapa serta upaya dan strategi peningkatan kesejahteraan petani kelapa baik segi ekonomi, sosial maupun aspek Iingkungan.

Di hari terakhir Lokakarya, diselenggarakan pula program kunjungan dan studi banding ke pabrik produksi gula kelapa di Winuri Likupang dan unit produksi kelapa (coconut processing unit) serta pembibitan kelapa unggulan di Balai Riset Palma Manado.

Melalui Lokakarya ini, diharapkan diperoleh berbagai masukan, potensi kerjasama dan program pembangunan kapasitas dengan organisasi dan institusi baik nasional maupun internasional, terutama untuk meningkatkan standarisasi produksi kelapa khususnya bagi para petani kelapa di Indonesia.

Diharapkan pula metode dan strategi pertanian serta perkebunan kelapa berkelanjutan dari sebelum sampai sesudah panen, ini dapat diaplikasikan di negara-negara berkembang Iainnya. Kedepannya, para petani kelapa secara optimal dapat mengelola hasil panennya dengan lebih bernilai.

NAM CSSTC berharap penyelenggaraan Lokakarya internasional ini dapat membangun kesadaran yang kuat terhadap pengentasan kemiskinan dengan memastikan bahwa petani kelapa menjadi bagian dalam upaya penting meningkatkan kesejahteraan petani kecil serta pengentasan kemiskinan melalui identiflkasi faktor-faktor penghambat pelaksanaan perkebunan kelapa berkelanjutan.

Reporter : Vano Manoppo

 

Check Also

Waouww… Minut Dapat Bantuan Tiga Kapal Dari Kementrian Perhubungan

Harian Sulut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mendapatkan bantuan tiga unit kapal dari kementrian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontak
HARIAN SULUT
Bantuan dan kerjasama semua pihak sangat kami butuhkan dan hargai dalam rangka kelancaran tugas jusnalistik wartawan dan reporter kami di lapangan, terutama dalam peliputan acara dan pengumpulan data maupun wawancara.
Thank You. We will contact you as soon as possible.
Whizprime Hotel Megamas